Pembinaan Dosen Oleh Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan

Dosen Poltekkes Kemenkes Malang menerima pembinaan langsung dari Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan mengenai klasterisasi Poltekkes dan persiapan exit exam, Jumat (15/2).

Bertempat di gedung Auditorium Poltekkes Kemenkes Malang, kegiatan pembinaan dosen dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes. Kegiatan ini diikuti oleh Pembantu Direktur, Kepala Bagian Administrasi Umum dan Akademik, Kasubbag, Ketua SPI, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Ketua Komisi Etik, Kepala unit, Kepala Urusan dan dosen Poltekkes Kemenkes Malang.

Dalam sambutannya, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes mengatakan kegiatan pembinaan oleh Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan membahas tentang Klasterisasi Poltekkes dan Persiapan Exit Exam. Klasterisasi Poltekkes berbeda dengan Klasifikasi Poltekkes. Jika klasifikasi didasarkan pada luas lahan, jumlah SDM, jumlah kelas, serta indikator lain maka Klasterisasi didasarkan pada penilaian kinerja Poltekkes.

Klasterisasi merupakan penilaian dan/ pemeringkatan Poltekkes dalam rangka menstimulus Poltekkes untuk melakukan perbaikan dan kelayakan sehingga terjadi proses peningkatan dan menjaga mutu Poltekkes untuk dapat menghasilkan lulusan tenaga kesehatan berkualitas dan mampu bersaing tingkat nasional maupun internasional. Indikator penilaian yaitu didasarkan dari kinerja sumber daya manusia (SDM), manajemen, dosen, dan mahasiswa.

“Poltekkes, yang dilihat itu hanya dua, akreditasi dan uji kompetensi (UKOM). Saat ini kami mengupayakan agar setiap Poltekkes bisa melakukan reakreditasi program studi dan mempersiapkan mahasiswa untuk uji kompetensi (UKOM) sebagai exit exam agar menjadi unggul,” ucap Sugiyanto, S.Pd, M.App. Sc, Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Sebelum pembinaan dosen oleh Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, Pembantu Direktur I didampingi Kepala Unit Penjaminan Mutu memberikan pemaparan materi tentang Akreditasi. Tahun 2020 direncanakan Akreditasi tidak lagi menggunakan 7 standar tetapi menjadi 9 kriteria. Pembantu Direktur I mengharapkan setiap program studi bisa menyiapkan hal tersebut untuk persiapan reakreditasi. 

Tahun 2019 ada 7 Program Studi Poltekkes Kemenkes Malang yang melakukan reakreditasi yaitu Program Studi D-III Gizi, Program Studi D-III Analis Farmasi dan Makanan, Program Studi D-III Asuransi Kesehatan, Program Studi D-III Keperawatan Trenggalek, Program Studi D-III Keperawatan Ponorogo, Program Studi Sarjana Terapan Gizi, dan Progra m Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Urusan Kesekretariatan, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com